Header Ads

Format KI - KD Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian          : ___________________________
Program Keahlian       : ___________________________
Paket Keahlian           : ___________________________
Mata Pelajaran           : Simulasi Digital_______________

KELAS: X
Jumlah Jam Pelajaran: 3 jp (3 jp X 36 minggu efektif)
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi masalah dan mencari solusi alternatif.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi masalah dan solusi alternatif menggunakan Mind Map.
3.2 Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah kata.
4.2 Menyajikan hasil pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah kata.
3.3 Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak  pengolah angka.
4.3 Menyajikan hasil pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah angka.
3.4 Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
4.4 Menyajikan hasil pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
3.5 Menganalisis teknik presentasi yang efektif.
4.5 Memresentasikan konsep dengan menggunakan teknik presentasi yang efektif.
3.6 Menerapkan pengetahuan pemformatan naskah digital.
4.6 Menyajikan hasil pemformatan naskah digital.
3.7 Menerapkan pengetahuan etika berkomunikasi sebagai warga digital.

4.7 Menerapkan etika komunikasi sebagai warga digital.

3.8 Menganalisis teknik penelusuran pada mesin penelusur.
4.8 Menyajikan hasil pemanfaatan teknik penelusuran pada mesin penelusur.
3.9 Menganalisis jenis komunikasi sinkron dalam jaringan.

4.9 Melakukan komunikasi sinkron dalam jaringan.
3.10 Menganalisis jenis komunikasi asinkron dalam jaringan.
4.10 Melakukan komunikasi asinkron dalam jaringan.
3.11 Menerapkan pengetahuan pembuatan dokumen tahapan pra-produksi dalam bentuk sinopsis, naskah, storyboard, dan/atau perancangan musik digital.
4.11 Menyajikan dokumen tahapan praproduksi dalam bentuk sinopsis, naskah, storyboard, dan/atau perancangan musik digital.
3.12 Menerapkan pengetahuan produksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital.
4.12 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital.
3.13 Menerapkan pengetahuan pekerjaan tahapan pascaproduksi.
4.13 Melakukan pekerjaan tahapan pascaproduksi.



10 comments:

  1. Terimakasih untuk informasi KI KD simulasi digitalnya. Saya juga butuh struktur KI-KD untuk mata pelajaran pemrograman web kelas XI K13 revisi. Kalau Anda punya, mohon di share juga.. Trims..

    ReplyDelete
  2. Maaf, terlambat balas. Mungkin bisa tinggalkan email.

    ReplyDelete
  3. Kalau silabusnya ada gk pak?

    ReplyDelete
  4. mas fathur boleh minta format ki dan kd, kirim lewat email. nugroho2890@gmail.com.. terimakasih

    ReplyDelete
  5. Mohon ijin copy KI KD semoga bermanfaat. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Gan...mohon dikirim file sukanya, ki kd utk mapel simulasi digital kelas x TSM terima kasih

    ReplyDelete
  7. bisa kirim ki dan kd ke email isurefen@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  8. Bs kirim ki dan kd ke email t.tangdiongga@yahoo.co.id

    ReplyDelete

Powered by Blogger.