Header Ads

Mengenal Edmodo, Jejaring Sosial untuk Pembelajaran

Suasana pembelajaran di SMK Umar Fatah Rembang
Rembang, Penggunaan sosial media dikalangan pelajar pada saat ini tergolong sangat tinggi. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pengelolaan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Manfaat yang dapat diterapkan adalah bagaimana mengimplementasikan penggunaan Jejaring Sosial dalam pembelajaran.

Kali ini saya akan menulis tentang bagaimana memanfaatkan jejaring sosial dalam pembelajaran. Dalam pembahasan ini, saya akan membahas penggunaan Edmodo.

Edmodo merupakan salah satu dari beberapa jenis Social Learning Network yang beredar di dunia internet. Edmodo merupakan sebuah media untuk pembelajaran secara online. Edmodo dapat diakses melalui website https://www.edmodo.com/  atau dapat melalui smartphone android dengan mengunduh aplikasi edmodo di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fusionprojects.edmodo.

Nah, mengapa menggunakan edmodo?

Edmodo dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas berbasis kelompok dan media sosial. Fitur utama dari edmodo adalah dukungan aktif terhadap model komunikasi  dari media sosial online, yang ditambahi dengan fitur bahan ajar online dan evaluasi online.

Fitur - fitur edmodo yang dapat digunakan dalam pengelolaan pembelajaran antara lain :

  1. Kelas Maya
  2. Komunikasi dengan model media sosial
  3. Manajemen konten pembelajaran
  4. Evaluasi pembelajaran
  5. Mendukung team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration dan akses bagi orang tua siswa untuk memantau kegiatan pembelajaran yang diikuti anak mereka.
Tertarik untuk mencoba?
Ma

No comments

Powered by Blogger.