Header Ads

Solusi Bisa Ping IP Tetapi Tidak Bisa Ping Domain pada Debian

Catatan ini saya tujukan pada diri saya sendiri yang baru belajar Debian. Sebagai pengingat saya catat permasalahan-permasalahan yang saya hadapi dalam belajar.

Nah salah satu permasalahan yang sering saya hadapi adalah ping ke domain tidak bisa, padahal ping ke IP lancar2 saja.

Ni screenshotnya :

Ping IP lancar :


Ping ke domain tidak bisa :


Untuk mengatasi permaslahan tersebut, dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

Pertama 
Buka file resolv.conf dengan perintah nano /etc/resolv.conf 

Kedua
Tambahkan nameserver 8.8.8.8


Ketiga 
Tekan Ctrl+X untuk keluar dari layar editor, lalu perhatikan bagian bawah editor. Anda akan ditanya apakah ingin menyimpan perubahan file? Tekan tombol Y  pada keyboard ntk menyimpan.
  

Keempat
Tekan enter.

Kelima
Nah, sekarang coba kita cek ping ke domain. 


Berhasil....!


1 comment:

  1. Debian nya bisa. tapi windows client nya tetap tidak bisa ping domain tapi bisa ping ip

    ReplyDelete

Powered by Blogger.