Format KI - KD Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang
Keahlian :
___________________________
Program
Keahlian :
___________________________
Paket
Keahlian :
___________________________
Mata
Pelajaran : Simulasi
Digital_______________
KELAS:
X
Jumlah Jam Pelajaran: 3
jp (3 jp X 36 minggu efektif)
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi,
yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengidentifikasi
masalah dan mencari solusi alternatif.
|
4.1 Menyajikan hasil
identifikasi masalah dan solusi alternatif menggunakan Mind Map.
|
3.2 Menerapkan pengetahuan
pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah kata.
|
4.2 Menyajikan hasil
pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah kata.
|
3.3 Menerapkan
pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah angka.
|
4.3 Menyajikan hasil
pemformatan dokumen melalui perangkat lunak pengolah angka.
|
3.4 Menerapkan pengetahuan
pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
|
4.4 Menyajikan hasil
pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
|
3.5 Menganalisis teknik
presentasi yang efektif.
|
4.5 Memresentasikan konsep
dengan menggunakan teknik presentasi yang efektif.
|
3.6 Menerapkan pengetahuan
pemformatan naskah digital.
|
4.6 Menyajikan hasil
pemformatan naskah digital.
|
3.7 Menerapkan pengetahuan
etika berkomunikasi sebagai warga digital.
|
4.7 Menerapkan
etika komunikasi sebagai warga digital.
|
3.8 Menganalisis
teknik penelusuran pada mesin penelusur.
|
4.8 Menyajikan
hasil pemanfaatan teknik penelusuran pada mesin penelusur.
|
3.9 Menganalisis jenis
komunikasi sinkron dalam jaringan.
|
4.9 Melakukan
komunikasi sinkron dalam jaringan.
|
3.10 Menganalisis
jenis komunikasi asinkron dalam jaringan.
|
4.10 Melakukan
komunikasi asinkron dalam jaringan.
|
3.11 Menerapkan
pengetahuan pembuatan dokumen tahapan pra-produksi dalam bentuk sinopsis,
naskah, storyboard, dan/atau perancangan musik digital.
|
4.11 Menyajikan
dokumen tahapan praproduksi dalam bentuk sinopsis, naskah, storyboard,
dan/atau perancangan musik digital.
|
3.12
Menerapkan pengetahuan produksi video dan/atau animasi dan/atau musik
digital.
|
4.12 Memroduksi
video dan/atau animasi dan/atau musik digital.
|
3.13 Menerapkan
pengetahuan pekerjaan tahapan pascaproduksi.
|
4.13 Melakukan
pekerjaan tahapan pascaproduksi.
|
Terimakasih untuk informasi KI KD simulasi digitalnya. Saya juga butuh struktur KI-KD untuk mata pelajaran pemrograman web kelas XI K13 revisi. Kalau Anda punya, mohon di share juga.. Trims..
ReplyDeleteMaaf, terlambat balas. Mungkin bisa tinggalkan email.
ReplyDeletetiyo.hohok@gmail.com
ReplyDeleteThanks Bos numpang nyedot..
ReplyDeleteKalau silabusnya ada gk pak?
ReplyDeletemas fathur boleh minta format ki dan kd, kirim lewat email. nugroho2890@gmail.com.. terimakasih
ReplyDeleteMohon ijin copy KI KD semoga bermanfaat. terima kasih
ReplyDeleteGan...mohon dikirim file sukanya, ki kd utk mapel simulasi digital kelas x TSM terima kasih
ReplyDeletebisa kirim ki dan kd ke email isurefen@gmail.com terimakasih
ReplyDeleteBs kirim ki dan kd ke email t.tangdiongga@yahoo.co.id
ReplyDelete